Try to GuuGling aja...

Kamis, 14 April 2011

Mari Cari Tahu Pekerjaan dibidang IT dan Job Descriptionnya



a.       Web Designer 

·         Mengembangkan rancangan inovatif aplikasi web-based beserta isi dari aplikasi tersebut
·         mengembangkan rancangan design aplikasi web-based beserta isi dari aplikasi tersebut. Konten-konten yang diperlukan sebelumnya sudah di tentukan oleh bagian analyst atau pihak perusahaan, sehingga designer sudah tahu pasti apa saja yang akan dibuatnya.
b.       System Analyst

Merupakan orang yang bertugas menganalisa sistem yang akan diimplementasikan, mulai dari menganalisa sistem yang ada, tentang kelebihan dan kekurangannya, sampai studi kelayakan dan desain sistem yang akan dikembangkan.
c.       Database Administrator 

Bertanggung jawab Untuk administrasi & pemeliharaan  teknis yang menyangkut perusahaan dalam pembagian sistem database.
d.       Programmer

Mengambil bagian dalam pengembangan dan integrasi perangkat lunak, mengembangkan secara aktif kemampuan dalam pengembangan perangkat lunak, menerima permintaan user untuk masalah-masalah yang harus diselesaikan, menyediakan dukungan dan penyelesaian masalah konsumen baik untuk konsumen internal maupun eksternal, bertanggung jawab atas kepuasan terkini pelanggan, melakukan tugas-tugas yang berkaitan dan tanggung jawab yang diminta, , mengerjakan macam-macam tugas terkait seperti yang diberikan, dan membentuk kekompakan maksimum dalam perusahaan bersama dengan rekan-rekan dalam perusahaan.
e.       Project Manager

Memastikan bahwa instalasi sistem yang terdiri dari hardware komputer dan jaringan bersama dengan software sistem dan aplikasi membuat keutuhan sinergis yang memungkinkan bisnis untuk mendapatkan manfaat dari keuntungan yang dijanjikan tersebut. Seringkali terdiri dari tim departemen user, wakil perusahaan departemen IT, komputer dan vendor jaringan, software OS dan vendor database dan vendor aplikasi, IT Project Manager membawa semua sumber daya yang diperlukan bersama-sama untuk komisi sistem baru dalam waktu singkat dan dengan biaya minimal bagi perusahaan.
f.        Network Support Enginer

·         Melaksanakan komunikasi & analisa sistem networking
·         Mendisain perencanaan untuk integrasi. Mendukung jaringan pada internet, intranet & extranet.
·         Menganalisa & ikut ambil bagian dalam pengembangan standardisasi keamanan & implementasi mengendalikan untuk keamanan LAN & WAN

g.       ERP (enterprise resource planning) Consultant 

·         Memberikan nasehat teknis ataupun fungsional pada implementasi solusi ERP.
·         Harus mempunyai beberapa pengetahuan tertentu dalam rangka memetakan proses.

h.       IT Manager 

·         Mengatur kelancaran dari sistem IT.
·         Troubleshooting & membantu organisasi dalam menangani permasalahan IT.
·         Sesuai dengan pengembangan IT yang baru dalam bidang yang diperlukan.

i.          IT Executive,

memelihara kecukupan, standard dan kesiapan sistem / infrastruktur untuk memastikan pengoperasiannya dapat efektif dan efisien, serta menerapkan prosedur IT dan proses untuk memastikan data terproteksi secara maksimum.Systems Engineer.
j.         Network Engineer

      melaksanakan komunikasi dan analisa sistem networking, mendesain perencanaan untuk integrasi, mendukung jaringan pada internet, intranet dan ekstranet, serta menganalisa dan ikut mengambil bagian dalam pengembangan standardisasi keamanan dan implementasi mengendalikan untuk keamanan LAN dan WAN. Sedangkan untuk tugas dan tanggung jawabnya adalah maintenance LAN dan koneksi internet, maintenance hardware, maintenance database dan file, help desk, dan inventory.

Profesi serta Job Description  IT di Amerika Serikat antara lain :

a. Software Engineer
Sedang dalam permintaan yang besar dalam berbagai sektor industri IT. Software Engineer bertanggung jawab untuk pengembangan software baru dan meningkatkan kemampuan software yang sudah ada. Lebih banyak peluang terbuka untuk Software Engineer dan Software Developer dalam industri lain karena mereka membuka diri terhadap meningkatnya penggunaan komputer dalam melaksanakan tugas-tugas penting. Saat ini, Software Engineer dapat ditemukan dalam produksi dan sektor jasa.

b. Project Manager, 
memastikan bahwa instalasi sistem yang terdiri dari hardware komputer dan jaringan bersama dengan software sistem dan aplikasi membuat keutuhan sinergis yang memungkinkan bisnis untuk mendapatkan manfaat dari keuntungan yang dijanjikan tersebut. Seringkali terdiri dari tim departemen user, wakil perusahaan departemen IT, komputer dan vendor jaringan, software OS dan vendor database dan vendor aplikasi, IT Project Manager membawa semua sumber daya yang diperlukan bersama-sama untuk komisi sistem baru dalam waktu singkat dan dengan biaya minimal bagi perusahaan.

c.  Programmer Analyst
hanya menulis, memodifikasi dan me-review software komputer. Programmer Analyst bertanggung jawab untuk menginterprestasi coding pekerjaan Software Engineer dan menjalankannya dengan sebuah komputer, mengujinya, meng-encoding, mendokumentasikan, dan men-debug program.


d.  Network Administrator,
bertanggung jawab untuk menyiapkan, menginstalasi, dan memonitor jaringan LAN dan WAN, melakukan berbagai evaluasi, pemeliharaan, instalasi, dan tugas-tugas pelatihan untuk memastikan kinerja jaringan komputer perusahaan dan memenuhi kepuasan pengguna.

e. Dst.

 Dari dua contoh negara tersebut dapat dilihat betapa secara konsep tugas – tugas penggelut profesi IT memang  sama,namun pada penerapannya dapat dibedakan dalam beberapa faktor yang menyebabkan perbedaannya antara lain sebagai berikut (perbandingan Indonesia dengan negara Amerika  Serikat dan Malaysia) :

1.      Faktor demografi
Pada Amerika
faktor kebutuhan akan internet tidak hanya sebagai sarana hiburasn seperti indonesia, namun telah menjadi base untuk menyangga segala sektor sehingga penerapannya pada profesi IT juga makin meningkat dengan tingkat kemahiran yang juga lebih karena dituntuk untuk selalu menyediakan update yang tinggi setiap waktu.

Pada Malaysia
Pada Negara Malaysia, walau penggunaan internet belum menjadi tulang punggung dalam segala sector, namun penggunaaanya telah menunjukkan peningkatan antara sebagai hiburan maupun beberapa penerapan kerja lainnya namun secara keseluruhan saya menilai penerapannya sama dengan indonesia

2.      Faktor Source
Amerika memiliki programmer yang lebih produktif yang tidak hanya bergerak dibidang pembuatan aplikasi komersil butuhan perusahaan atau client usaha saja, namun jauh dari itu amerika telah berfikir ke depan untuk menciptakan inovasi – inovasi yang layak untuk digunakan pada komunitas internet dunia, seperti penemuan software maupun hardware baru. Hal tersebut membuat Profesi IT pada Negara ini diharapkan lebih produktif.

Malaysia dan Indonesia masih bertaraf konsumtif. Adapun Pembuatan aplikasi hanya sebatas aplikasi komersil untuk perusahaan dan client


Referensi :
Ethic-2009-a.ppt
http://alvin-andhika.blogspot.com/2011/04/jenis-jenis-profesi-it-di-indonesia-dan.html
http://cahyasulianto.files.wordpress.com/2011/02/website_designer-jpg.gif
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgr0BLRtK8Oy77xp8DAaNAjlU9XXTaQXhiAqmjKE3dl6CglvyiPszIyvX5mPO8p8No68ZPQHW8vp90Sgfp9gy-9VrIQ8Ep4zGWJiO9ecuLjCu24Afb_TXB6ha7wZDn-fcB7v9OIaigXM7U/s400/system+analysis.jpeg
http://www.tekun.com/wp-content/uploads/2009/07/collaboration-project-management-software.jpg
http://www.deansplc.co.uk/imagelib/support_services_network_support_it_engineer.jpg
 http://blog.simcrest.com/images/consultant-300x198.jpg
http://images.businessweek.com/ss/08/06/0613_best_cities_job/image/it_mgr.jpg 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgmCfi_B0uh1vqq4F36bxln_NhdSf9GeEChPjJsKoXkCVMVC6oH1XX6cehK74z-OSCH57jOgzWnlnhfWjZ5JmhDVdOJcKwjWhCbZcWAiZUX92u0okfJCD8RuiT4KVs_01mVnu6wgVdpqVAr/s1600/So_You_Want_To_Be_A_Network_Engineer.jpg


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar