Try to GuuGling aja...

Minggu, 13 Maret 2011

Penipuan Melalui Situs Jejaring Sosial



kasus :
    Cyber crime ternyata tidak hanya masalah hack atau meretas, cyber crime atau kejahatan dunia maya sesungguhnya memanfaatkan apapun yang dapat dimanfaatkan salah satunya ialah situs jejaring sosial, mengapa demikian? pasalnya baru - baru ini telah terjadi penipuan lewat sebuah jejaring sosial Facebook. Olimpyco, seorang user kaskus mengaku telah tertipu oleh penjualan HP blackberry yang dijual melalui suatu account facebook.
     Olimpyco berniat membeli hp blackberry torch 9800 dan telah mentransfer uang senilai 3,2jt namun tidak ada tindak lanjut dari "Setia Abadi Cellular" demikian lah nama account FB yang bertindak sebagai penjual tersebut. Olympico pun mengirim pesan singkat kepada pengirim dan sang pengirim membalas dengan memberikan alamat kemana ia harus mentransfer biaya pembelian. namun setelah dikonfirmasi, pemilik rekenion BCA atas nama Bayu Samudra ini pun mengaku salah kirim, yang seharusnya mengirimkan 1 buah blackberry, ia malah mengirim 3 buah dan meminta Olympico untuk mengirim kekurangan uangnya dengan total 2,5 juta. dengan alasan yang tidak wajar tersebut, olympico menolak dan mengusulkan untuk menarik kembali barang yang salah dikirim tersebut. Sang penjual yang masih tetap ngotot ingin mebnjual kepada omlympoco menyatakan bahwa jika transaksi dibatalkan aakan dikenakan potongan 50 %, maka olympico memilikh untuk melanjutkan transaksi. akhirnya olympico penasaran dengan alamat sang penjual dan meminta referensi kawa alamat yg dimaksud tidak ada disana... dan sore ini saya sms untuk tanya kelanjutan katanya tunggu barang balik dulu, kemudian pesan - kawan dari kaskus mengenai kebenaran alamat itu, namun ternyata alamat tersebut fiktif. Olympico pun meminta pembatalan transaksi melalui pesan songkat dan hanya dibalas "kalau batal uangnya mas mati". Olympico pun mencoba search di google nomor ponsel penipu tersebut yakni 081213855777 dan hasilnyta, sudah ada juga di kaskus bahwa terjadi penipuan dengan pnjual yang sama yakni no tersebut.
    Jadi, bagi kitas semua berhati - hatilah terhadap dunia maya, karena tak selamanya yang berada dalam dunia maya bersahabat kepada kita. referensi ini didapat dari sahabat kaskus dalam postingnya pada alamat : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6554387
 waspadai account Facebook dengan nama Setia Abadi Celullar dengan nomor handphone 081213855777, dan panjualan lainnya. alangkah baiknya mengecek alamat valid pnjual sebelum melakukan transaksi.

Modus :
    Adapun modus dari tindakan ini adalah penipuan dengan mencari untung malalui situs jejarung sosial yang sedang digandeungi dari berbagai kalangan ini. pemanfaatan teknologi seperti ini akan lebih mudah meyakinkan pembeli dan memberi kesan bahwa penjual benar - benar ada.

Solusi :
    Adapun Solusi yang baik dengan melakukan pengecekan terhadap ke-valid-an informasi penjual, baik dari alamat dan informasi penjualan itu sendiri. oleh sebab itu, hendaknya kita melihat history perusahaan penjualan itu dan menanyakannya kepada orang sekitar yang mimhkon mengenal perusahaan tersebut atau bahkan alamat dan kepemilikannya. dan jangan sekali - sekali melakukan transakasi sebelum melakukan pengecekan.

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar