Try to GuuGling aja...

Selasa, 22 Maret 2011

Sedikit mengenal Open Source



         
   Siapa yang tidak pernah mendengar kata Open Source?tentu tak asing lagi bagi kita yang berkecimpung di dunia IT. Open source software adalah istilah yang digunakan untuk software yang membuka/membebaskan source codenya untuk dilihat oleh orang lain dan membiarkan orang lain mengetahui cara kerja software tersebut dan sekaligus memperbaiki kelemahan-kelemahan yang ada pada software tersebut. Sekaligus kita tidak perlu membayar lisensi jika hendak menggunakan palikasi tersebut. Waaah,Gratisaan donk?? Tentu iy, Gratis namun bukan murahan, karena pembukaan source yang ditujukan untuk pengembangan aplikasi itu sendiri.
           
            Setiap aplikasi sudah tentu memiliki kelebihan serta kerugian masing –masing. Lalu bagaimana dengan Open Source? Adapun kelebihan serta kekurangan dari open Source akan dibahas sebagai berikut :

A. Kelebihan Open Source
Adapun kelebihan – kelebihan dari Open Source adalah sebagai berikut :
1.      Banyak tenaga (SDM) untuk mengerjakan Proyek.
       Sumber daya manusia merupakan salah satu unsur pokok dalam software development baik dalam pengembangan itu sendiri hingga memantau pengembangan.

2.      Kesalahan (bugs, error) lebih cepat ditemukan dan diperbaiki.
       Dengan keterbukaan source maka semakin banyak pengembang yang ikut andil dalam mengembangkan suatu aplikasi sehingga akan lebih mudah serta lebih cepat dalam mendeteksi bug dan memperbaikinya. Visual inspection (eye-balling) merupakan salah satu metodologi pencarian bugs yang paling efektif.

3.      Kualitas Hasil lebih terjamin
       Karena banyak orang yang melakukan evaluasi. Maka, kualitas produk dapat lebih baik.

4.      Tidak Mengulangi Development
       Pengulangan (re-inveting the wheel) merupakan pemborosan. Adanya source code yang terbuka membuka jalan bagi seorang programmer untuk melihat solusi – solusi yang pernah dikerjakan orang lain.

5.      Hemat Biaya
       Sebagian besar developer tidak dibayar / digaji misalnya untuk membeli server untuk hosting web.

6.      Lebih Aman
       Dikarenakan sifatnya yang terbuka, maka produk open source dapat dievaluasi oleh siapa pun. Public security merupakan salah satu komponen yang penting dalam bidang security. Hal ini akan meyebabkan tercapainya security by Obscurity.

B. Kekurangan Open Source
       Sedangkan untuk kekurangan dari Open source adalah sebagai berikut :
1.      Kurangnya SDM yang dapat memanfaatkan open Source
        Salah satu keuntungan utama dari gerakan opensource adalah adanya ketersediaan kode. Ini akan menjadi sia – sia jika tidak banyak SDM yang mengenal / mengerti source code yang terbuka tersebut. Maka tidak ada bedanya produk open source dengan produk yang tertutup.

2.      Tidak adanya proteksi terhadap HAKI
        Banyak orang yang masih menganggap bahwa source code merupakan aspek yang berharga dan harus dijaga kerahasiaannya. Hal ini dikaitkan dengan besarnya usaha yang sudah dikeluarkan untuk membuat produk tersebut. Karena sifatnya yang terbuka, maka karya seseoranga akan dengan mudah ditiru ataupun digubah oleh orang dengan kata lain plagiat.

Referensi :


referensi gambar :

http://classes.engr.oregonstate.edu/eecs/winter2008/cs419/local/OpenSourceFamily.jpg



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar