Try to GuuGling aja...

Rabu, 12 Mei 2010

Introduction J2ME


  1. Pengenalan J2ME

1.1.Java Secara Umum

Java adalah teknologi dari sun yang digunakan untuk membuat serta menjalankan perangkat lunak pada komputer standalone ataupun pada lingkungan jaringan. Sedangkan java2 adalah generasi kedua dari java platform.

Teknologi yang memiliki interpreter berupa Java Virtual Machine ini merupakan bahasa program yang portable, yakni dapat berjalan pada berbagai sistem operasi dengan kemampuannya yang aman, kuat serta multithreaded hal tersebut dikarenakan JVM merubah bytecode dalam file .class dari suatu program sebagai representasi langsung program yang berisi bahasa mesin.

Platform java terdiri dari kumpulan library, JVM, kelas – kelas Loader yang dipaket dalam sebuah rutin java, dan sebuah kompiler , debuger yang dipaket dalam Java Development Kit (JDK). Agar sebuah program dapat dijalankan, maka file berekstensi .java diubah menjadi bytecode oleh kompilasi. Dan untuk menjalankan kompilasi tersebut dibutuhkan Java Runtime Environtment (JRE).

1.2.J2MeE - Java2 Micro Edition

Salah satu edisi java ialah java2 Micro Edition (J2ME), yakni suatu edisi dari java yang didesain guna membawa java menuju dunia informasi, komunikasi dan perangkat kumpotasi selain perangkat komputer desktop. J2ME biasa digunakan pada telepon selular, pager, maupun PDA.

J2ME merupakan bagian dari J2SE karena tidak semua library yang ada pada J2SE dapat digunakan pada J2ME, dan beberapa library khusus J2ME yang tidak dimiliki oleh J2SE. berikut adalah arsitektur dari J2ME,

Arsitektur J2ME

Teknologi J2Me sendiri memiliki keterbatasan, terutama jika telah diapliksikan pada handphone, misalkan saja, HP yang tidak memiliki kamera tentu tidak akan dapat menjalan program, atau memory dari HP terlalu kecil dan program terlalu besar ukurannya.

Configuration merupakan Java library minimum dan kapabilitas minimal yang dipunya oleh para pengembang J2ME, yang maksudnya sebuah mobil device dengan kemampuan java akan dioptimalkan untuk menjadi sesuai. Configuration hanya mengatur hal – hal tentang kesamaan sehingga dapat dijadikan ukuran kesesuaian antar device. Dalam J2ME terdapat dua buah configurasi, yaitu CLDC (Connected Limited Device Configuration) untuk perangkat kecil dan CDC (Connected Device Configuration)untuk perangkat yang lebih besar. Adapun lingkup dari CLDC dan CDC dapat dilihat pada gambar brikut ini :


Sedangkan Profile berbeda dengan configuration, profile membahas sesuatu yang spesifik dari suatu perangkat. Dalam J2ME terdapat dua buah profile yaitu MIDP dan Foundation Profile.

1.3.Lebih dalam mengenai CLDC dan CDC

1.3.1. CLDC

CLDC memiliki spesifikasi dasar berupa library dan API yang diimplementasikan pada J2ME, seperti yang digunakan pada pager, PDA dan handphone. Perangkat tersebut dibatasi dengan keterbatasan memory, sumber daya dan kemampuan memproses. Pada CLCD adalah spesifikasi minimal dari package, kelas dan sebagian fungsi java virtual machine yang dikurangi agar dapat diimplementasikan dengan keterbatasan alat –alat tersebut. Adapun JVM yang digunakan ialah KVM ( Kilobyte Virtual Machine).

1.3.2. CDC

CDC merupakan komunitas proses pada java yang memiliki standarisasi. CDC terdiri dari Virtual Machine dan kumpulan Library untuk dipergunakan pada profile industri. Implementasinya adalah menyediakan source code yang menyediakan sambungan dengan macam – macam platform. Adapun JVM yang digunakan pada CDC adala CVM.

1.4.Mobile Information Device Profile (MIDP)

MIDP merupakan sebuah profil J2ME yang memiliki lapisan diatas CLDC, API tambahan untuk daur hidup apliksi, antar muka, jaringan dan penyimpanan persistent.

MIDP User Interface API memiliki API level tinggi dan rendah. API level rendah berbasiskan penggunaan dari kelas abstrak canvas , sedangkan API level tinggi antara lain, Alert, Form, List, dan TextBox yang merupakan ekstensi dari kelas abstrak Screen. Berikut gambar hirarki class API,



1.5.Lebih dalam Mengenai JVM yang digunakan pada CLDC dan CDC

1.5.1. Kilobyte Virtual Machine (KVM)

KVM adalah JVM yang didesain untuk perangkat kecil. KVM mendukung sebagian fitur – fitur JVM seperti misalnya KVM tidak mendukung operasi Floating-point dan finalisasi objek. KVM diimplementasikan menggunakan C sehingga sanagt mudah beradaptasi pada tipe platform yang berbeda.

1.5.2. C-Virtual Machine(CVM)

Merupakan paket JVM yang secara optimal digunakan pada CDC. CVM memiliki seluruh fitur yang dimiliki oleh JVM, karena memang didesain untuk perangkat yang memerlukan fitur – fitur Java2 Virtual Machine.

1.6.MIDlet

Merupakan aplikasi yang ditulis untuk MIDP. Aplikasi MIDlet adalh bagian dari kelas javax.microedition.mmidlet.MIDlet yang didefinisikan pada MIDP. MIDlet berupa sebuah kelas abstrak yang merupakn subkelas dari bentuk dasar aplikasi sehingga antarmuka antara aplikasi J2ME dan aplikasi management pada perangkat dapat terbentuk.

Daur hidup MIDlet terdiri dari beberapa metode yang harus ada, yaitu constructor(), protected void startApp() throws MIDletStateChangeException, protected void pauseApp(), protected void destroyApp(boolean unconditional) throws MIDletStateChangeException.

Ketika MIDlet dijalankan maka akann diinisialisasikan dengan kondisi pause dan dijalankan pauseApp() , kondisi berikutnya adalah fungsi MIDlet dijalankan, yaitu pada startApp(). Metode yang ada tersebut diimplementasikan sebagai protected, hal inii dimaksudkan agar MIDlet lain tidak akan memanggil metode ini. Pada saat pemakai ingin mengakhiri MIDlet, maka methode yang dipakai ialah destroyApp() dan metode tersebut akan memanggil Metode notifyDestroyed() yang akan menterminasi MIDlet dan akan membersihkan semua sumber daya yang mengacu pada MIDlet.

Dalam implementasinya MMIDLET sendiri memiliki struktur direktori sebagai berikut :

· Src

Menyimpann sourcode untuk MIDlet dan kelas lain yang diperlukan.

· Res

Menyimpan sumberdaya yang dibutuhkan MIDlet, misalkan icon.

· Lib

Menyimpan file JAR atau ZIP yang berisi library tambahan yang dibutuhkan MIDlet.

· Bin

Menyimpan file JAR, JAD, dan manifest yang berisi komponen muatan MIDlet.

1.7.JAD (Java Application Descriptor)

Digunakan untuk mendeskripsikan isi apliasi untuk keperluan pemetaan . file JAD berisi deskripsi file JAR(Java Archive) dan pemetaan atribut MIDlet, sedangkan JAR berisi kumpulan kelas dan resource.

1.8.OTA (Over The Air)

OTA mengacu pad a beberapa jaringan tanpa kabel. Dengan menggunaka OTA, provider MIDlet dapat menginstall MIDlet pada web server dan menyediakan link untuk mendownload via Wap atau internt microwebbrowser.

1.9.J2ME Wireless Toolkit

J2ME Wireless Toolkit adalah software yang menyediakan emulator , dokumentasi beserta contoh – contoh apliksi java untuk perangkat kecil. J2ME WTK berbasiskan pada CLDC dan MIDP. J2ME WTK program yang bekerja meniru kerja ponsel yang mendukung MIDP atau yang disebut emulator. Oleh karena itu, MIDlet yang berjalan pada emulator belum tentu dapat berjalan baikk pada handphone yang digunakan.

  1. Referensi

· Belajar cepat pemrograman J2ME. M.sholahudin, S. A. Rossa, informatika Bandung

· http://developers.sun.com/mobility/configurations/articles/cdc/images/cdc_fig1.gif



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar