Try to GuuGling aja...

Senin, 10 Mei 2010

Semangat dan Motivasi Dalam Kehidupan [26-03-2010]


Jika hidup adalah perjalanan, maka sudah sepantasnya kita memperjuangkan kehidupan. Kita hidup bukanlah untuk disia - siakan, atau hanya pasrah menerima setiap keadaan. Walau takdir memang ada, tapi takdir tidak serta merta diperlihatkan kepada kita seluruhnya, hal tersebut agar kita sebagai manusia mengenal apa yang dinamakan berusaha. Coba kita bayangkan, apa jadinya jika kita sebelumnya telah mengetahui apa yang akan terjadi pada diri kita, jika ternyata hal yang baik, maka kita akan menjadi malas - malasan dan hanya berleha - leha, sebaliknya jika keadaan buruk yang akan kiita dapatkan, lantas kita akan cendrung pasrah menerima apa yang akan terjadi dengan muram. Oleh karena itulah ada hikmah yang dapat kita petik, yakni adanya sikap berusaha akan segala sesuatu. Hal tersebut telah menjadi hukum sebab akibat, tentu jika ingin mencapai suatu tujuan maka kita harus mulai bergerak serta berusaha agar apa yang kita inginkan tercapai, sebab bagi Allah SWT, segala sesuatu bukanlah dilihat dari tercapainya tujuan semata, namun dari bagaimana usaha seseorang dalam mencapai apa yang ia inginkan. Poses dalam mencapai sesatu adalah sebuah hal yang dapat memuaskan kita jika kita dapat meraih apa yang ingin kita capai, namun jika tidak, pengalaman berharga dapat kita peroleh dari apa yang telah kita lakukan.

Seringkali dalam berjuang mengisi kehidupan kita ini, terdapat banyak halangan dan rintangan yang membuat kita jatuh bangun. Pada umumnya, jika seseorang yang terkena halangan saat berusaha mencapai tujuannya akan menjadi putus asa atau bahkan gairah akan mencapai tujuannya menurun, padahal pada tiap - tiap rintangan ada hikmah yang terkandung didalamnya. Disinilah motivasi mengambil peran dalam kehidupan. Lantas apakah sebenarnya motivasi itu? Motivasi adalah kekuatan-kekuatan dari dalam diri individu yang menggerakkan individu untuk berbuat. Jadi suatu kekuatan atau keinginan yang datang dari dalam hati nurani manusia untuk melakukan suatu perbuatan tertentu. Jadi kita membutuhkan motivasi untuk lebih menguatkan kita berusaha mencapai tujuan kita. Motivasi juga menjaga agar kita tetap konsisten dalam kegigihan menjalankan usaha kita.

Kita harus kuat menghadapi ujian yang sedang menghadang karena jika kita berhasil melaluinya, maka semakin bertambah pengalaman kita dan semakin kuatlah kita. Jika kita dapat menjadi lebih kuat, maka kita tidak akan goyah menghadapi masalah - masalah lain yang timbul dalam diri kita, karena kita memang harus menjadi lebih kuat untuk menghadapi masalah yang lebih hebat nantinya. Bagaimanakah pandangan Islam mengenai motivasi? Sebenarnya pada tiap ayat al-quran terdapat motivasi - motivasi bagi kehidupan mulai dari bagaimana bersikap hingga norma - norma dalam kehidupan. Motivasi dapat juga diartikan sebagai belajar, mengapa belajar? Karena dari suatu penurunan niat, kita senantiasa belajar kembali untuk menumbuhkan niat itu.

Motivasi terbagi menjadi 2, yaitu motivasi dari dalam diri sendiri dan motivasi dari luar atau bisa disebut dari lingkungan.
1. Motivasi dari diri sendiri
Yang dimaksud motivasi dalam diri sendiri ialah, kita mampu mengatur emosi hati agar tidak lelah dalam berusaha menggapai tujuan kita. Ini berarti kita mampu menumbuhkan kembali semangat berusaha yang menurun dalam diri. Hal yang dapat menimbulkan motivasi dalam diri sendiri yakni keinginan untuk segera mencapai tujuan, atau dorongan untuk merubah keadaan diri sendiri akibat ketidak puasan diri pada kondisi saat itu.

2. Motivasi dari luar diri
Motivasi dari luar sebenarnya hanyalah faktor pendorong dari luar yang mampu menggerakkan hati kita untuk kembali bergairah mencapai tujuan kita. Misalnya saja nasehat - nasehat yang dapat mnumbuhkan kembali semangat, ataupun situasi - situasi yang membuat kita semakin bersemangat.
Dengan adanya motivasi dalam kehidupan kita, diharapkan mampu membuat kita tidak lelah untuk mencpai tujuan kita, karena dengan adanya motivasi, akan terus menyambung semangat hingga tujuan kita benar - benar tercapai. Oleh karena itu, janganlah kita mudah menyerah karena usahalah yang terpenting, bukan tujuan semata, maka kuatkanlah niat dan jaga dengan motivasi diri agar kita mendapat rahmatnya dalam menjalani hidup ini.

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar