Try to GuuGling aja...

Sabtu, 08 Mei 2010

penulisan Ilmiah Saya- 23/02/2010


Sekian lama menuntut ilmu di kampus tercinta tidak terasa 5 semester telah terlewati, kini semester 6 siap ku jalani dengan penuh semangat. Semester ini akan ada Penulisan Imiah atau biasa disebut dengan PI. Berbicara mengenai PI, tentu mahasiswa ada yang merasa takut, bimbang, atau bingung karena hingga detik dibagiannya Dosen Pembimbing belum menemukan ide. Padahal jauh - jauh hari dosen - dosen yang pernah mengajar kami tak bosan - bosan mengingatkan kami untuk mempersiapkan ide menyambut PI, namun menemukan ide tidaklah semudah menemukan buku yang terselip di lemari. Kalau hanya ilmu, dapat kita cari melalui buku, browsing internet atau melalui kursus maupun workshop, namun ide tidaklah di jual di toko - toko buku. Ide bisa dengan mudah didapatkan dengan atau tanpa sengaja, bisa juga terasa sangat sulit untuk menemukannya. Ide dapat dengan mudah kita temuka dengan memperhatikan lingkungan sekitar kita, jika kita jeli, kita dapat menemukan hal - hal yang dapat kita jadikan bahan PI kita.

Untuk PI yang sebentar lagi datang, saya baru menemukan 1 ide untuk saya tawarkan kepada Dosen Pembimbing nantinya, ide itu berawal dari permulaan semester lalu, ketika senior saya sedang mengerjakan proyek java mobile-nya(J2ME), kemudian saya lalu berfikir,mengapa tidak menggunakan J2ME saya dalam membuat PI nanti. Dari situ terpikirlah untuk mulai mencari suatu ide dan terkonseplah sebuah gagasan untuk mempermudah penyampaian informasi kelulusan kursus. Informasi kelulusan yang tadinya hanya memlalui dua media, yakni site resmi LePKom dan pengumuman kelulusan yang ditempel didepan masing - masing lab, kini dapat diakses melalui aplikasi khusus pengecekan kelulusan yang dapat diinstall di handphone. Dengan pertimbangan para praktikan yang tidak memiliki laptop untuk akses innternet maupun modem untuk tersambung ke situs LePKom, mereka harus ke warnet atau menunggu berjam - jam didepan lab yang bersangkutan sampai status kelulusan diedarkan, maka akan lebih berguna lagi kita tambah fitur penyampaian informasi kelulusan melalui handheld device seperti handphone.

Umumnya handphone merupakan sahabat setia para mahasiswa, kemanapun mereka pergi tidak lupa untuk membawanya. Laptop bisa jadi tidak punya, tapi handphone - handphone canggih bisa jadi ada disetiap genggaman tangan mengingat untuk mendapatkannya pun kian mudah dan murah. Konsepnya adalah, bagaimana kita menyatukan aplikasi informasi kelulusan yang mereka butuhkan kedalam "sahabat" setia mereka dalam genggaman.

Sedangkan untuk aplikasinya, konsepnya adalah merequest suatu record dari database (yang merupakan database online - hosting,red.) dengan cara mengirimkan keyword berupa nama kursus, npm, serta periode kursus yang diikuti kepada server untuk kemudian diberikan nilai balik berupa hasil kelulusan praktikan tersebut. Mengapa J2ME? karena J2ME mampu menampilkan user interface yang menarik dan dapat dijalankan pada berbagai platform. User interface yang menarik ini akan merubah mindset kita dari konsep sms gateway yang monotone dengan tampilan teksnya. Selanjutnya, kita tunggu saja ide ini diterima DP atau tidak.

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar