Try to GuuGling aja...

Sabtu, 08 Mei 2010

Mengapa Mempelajari Bahasa Indonesia


Sadarkah kita pada setiap waktu, setiap saat dan dimana saja kita mengadakan komunikasi. Dan pada komunikasi dibutuhkan suatu bahasa. lantas, bahasa apakah yang selalu kita gunakan? Pernahkan dosen kita menugaskan kita untuk berdiskusi mengungkapkan pendapat di tengah - tengah forum kelas? Adakah bahasa yang kita gunakan sudah tepat dan benar?

Dari ilustrasi diatas kita dapat berkaca pada diri kita sendiri, sampai dimanakah kemampuan berbahasa kita, dan bagaimanakah kita mengkomunikasikan bahasa kita secara tepat, dan efisien.

Adapun alasan kita mempelajari Bahasa Indonesia antara lain sebagai berikut :

1. Menghargai dan membanggakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan
Bahasa Indonesia Merupakan bahasa yang dapat mempersatukan beraneka ragamnya masyarakat dari sabang hingga merauke, maka kita sebagai bangsa indonesia harus bangga dan menghargainya.

2. Menghargai bahasa Indonesia dari segi bentuk, makna dan fungsi serta menggunakannya secara tepat dan efektif untuk berbagai tujuan
Mengenal dan mengetahui bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu tidaklah cukup tanpa kita terapkan dalam kehidupan sehari - hari secara tepat dan efektif.

3. Mampu menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, kematangan emosional dan kematangan sosial
Dengan berbahasa Indonesia, kita diharapkan mampu meningkatkan kemampual intelektual, kematangan emosional serta sosial, dengan memperluas dan lihai dalam berbahasa, tentu akan memudahkan seseorang menjalin komunikasi dengan berbagai lapisan masyarakat dan dapat menguasai pembicaraan pada saat pidato ataupun public speaking lainnya, serta dapat memberi informasi secara tepat dan jelas.

4. Disiplin dalam berpikir dan berbahasa
Bahasa Indonesia juga melatih kita untuk berdisiplin dalam berfikir dan bberbahasa, contohnya saja ketika kita menghadapi situasi resmi, kita telah terbiasa menggunakan bahasa resmi(bahasa formal).

5. menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk mengembangkan kepribadian, memperluas wawasan kehidupan, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa
Dengan luasnya pengetahuan kita dan ditambah dengan kemampuan berbahasa, dapat mengembangkan pribadi kita lebih bersahaja. Ketika kita berkomunikasi dengan masyarakat, secara tidak langsung kita telah bertukar informasi dan wawasan.

6. menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelktual manusia Indonesia
Bahasa Indonesia merupakan harta budaya Indonesia yang sangat berarti, oleh karena itu kita harus menjunjung tinggi, menghormati, menjaganya serta melestarikannya.

referensi : http://free.vlsm.org/v12/sponsor/Sponsor-Pendamping/Praweda/Indonesia/Indonesia.htm

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar